Tuesday 23 June 2015

Resep Colenak Saus Durian

Update Resep hari ini Caffe Coffee ingin memberikan Resep Minuman, Resep Masakan, Resep Kue dan Resep Masakan Indonesia Ala Caffe Coffee. Dan untuk resep yang akan saya berikan kali ini adalah Resep Colenak Saus Durian yang mungkin dari anda para penggemar makanan dan minuman kafe ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah. Resep Colenak Saus Durian sendiri adalah termasuk dalam katergori » Resep

Selain Resep Colenak Saus Durian ada juga ulasan mengenai Resep Masakan Lain yang sudah saya berikan pada artikel sebelumnya. Bagi anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah bisa melihat lebih detail mengenai bahan dan cara pembuatannya pada artikel Resep Colenak Saus Durian dibawah ini :

Resep Colenak Saus Durian

Jajanan satu ini cukup terkenal, namanya seakan dicomot saja dari cara makannya  dicocol, enak. Dan memang begitulah cara makan jajanan colenak ini. Tape bakar disajikan dengan saus manis sebagai cocolan. Colenak dapat dibeli di daerah Bandung dan sekitarnya. Sangking terkenalnya colenak ini, makanan khas bandung ini banyak juga dijual di restoran-restoran mahal.

Bahan:

  •     300 g tapai singkong, buang tulang seratnya
  •     50 g mentega

Saus durian:

  •     300 ml santan kental dari 1 butir kelapa parut
  •     150 g gula merah, sisir
  •     50 g gula pasir
  •     3 lembar daun pandan, simpulkan
  •     1 sdt garam
  •     75 g daging buah durian

Cara Membuat:

  1.  Potong-potong tapai singkong ukuran 5 cm, tekan-tekan dengan punggung sendok hingga agak pipih.
  2. Panaskan wajan bermotif garis di atas api sedang, sisihkan.
  3. Olesi salah satu permukaan tapai dengan mentega. Letakkan di atas pemanggang, dengan permukaan beroles mentega di bagian bawah.
  4. Bolak-balikkan tapai sambil diolesi dengan mentega hingga kecokelatan, angkat. Sisihkan.
  5.  Saus durian: Rebus santan bersama gula merah dan gula pasir di dalam panci. Masukkan daun pandan, garam, dan daging buah durian, masak hingga mengental, angkat. Sisihkan.
  6. Sajikan tapai bersama saus durian.
Demikianlah tadi Resep Colenak Saus Durian yang bisa kami bagikan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi Blog Caffe Coffee untuk mendapatkan update resep masakan ala kafe terbaru lainnya dan Selamat mencoba.
Resep Colenak Saus Durian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Cacah Firmansyah