Tuesday 11 October 2016

Resep Membuat Bakso Sehat Spesial

Update Resep hari ini Caffe Coffee ingin memberikan Resep Minuman, Resep Masakan, Resep Kue dan Resep Masakan Indonesia Ala Caffe Coffee. Dan untuk resep yang akan saya berikan kali ini adalah Resep Membuat Bakso Sehat Spesial yang mungkin dari anda para penggemar makanan dan minuman kafe ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah. Resep Membuat Bakso Sehat Spesial sendiri adalah termasuk dalam katergori » Masakan Indonesia » Resep » Resep Aneka Daging » Resep Bakso » Resep Masakan Khas

Selain Resep Membuat Bakso Sehat Spesial ada juga ulasan mengenai Resep Masakan Lain yang sudah saya berikan pada artikel sebelumnya. Bagi anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah bisa melihat lebih detail mengenai bahan dan cara pembuatannya pada artikel Resep Membuat Bakso Sehat Spesial dibawah ini :

Resep Menu Bakso Sehat Spesial : Resep Bakso  Sehat Spesial



Sudah lama semenjak resep terakhir yang kami berikan kepada anda. kali ini kami memberikan sebuah resep makanan kaki lima yang paling digemari di negara kita Indonesia yaitu Bakso. kali ini kami memberikan resep bakso yang tidak hanya enak tetapi juga sehat. Kita mungkin sering menyantap Bakso dipinggir jalan hapir di setiap wilayah di Indonesia namun apakah anda tahu dari mana asal dari makanan nikmat ini. Sedikit membahas sejarah  Bakso berasal kuliner Tionghoa Indonesia. hal tersebut didapat dari istilah 'bakso' sendiri berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang  berarti 'daging giling.

Bahan : 

  • 500 gram daging sapi bagian paha/top side, kondisi segar bukan beku ,jika ingin dicuci sebaiknya saat daging masih dalam bongkahan besar, bukan setelah dipotong-potong.
  • 6 kotak es batu (ice cube ukuran + 2 x 2 cm)
  • 2 butir putih telur
  • 4 sdm tepung tapioka/kanji
  • 2 sdt garam
  • 1 sdmgula pasir 
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt baking powder double acting, bisa menggunakan baking soda
  • 2 sdm minyak goreng. Minyak membuat daging menjadi lebih licin dan halus kala digiling.

Cara Membuat:

  1. Siapkan daging sapi, buang lemak-lemak yang menempel
  2. Siapkan chopper/food processor. Karena ukuran chopper yang kecil maka saya membagi daging menjadi 3 bagian. Masukkan daging dan 2 kotak es batu, proses dengan chopper hingga daging menjadi smooth, halus, serat-seratnya tidak terlihat dan tampilannya menyerupai pasta pekat. Tuang daging giling ke mangkuk yang cukup besar ukurannya.
  3. Saat memproses untuk bagian porsi ketiga, giling daging dan ice cube hingga halus menjadi pasta kemudian masukkan semua bahan dan bumbu lainnya (putih telur, tepung tapioka, garam, gula, merica, baking powder) kemudian proses hingga semua bahan smooth dan kental. Tuangkan ke dalam daging giling di dalam mangkuk.
  4. Uleni dengan tangan daging giling di mangkuk dengan cara meremas-remasnya dan membanting adonan di dalam mangkuk sebanyak 2 atau 3 kali sehingga semua bagian menyatu dan tercampur rata.  Untuk mecicipi rasanya apakah telah pas atau belum anda bisa memasukkan sebongkah kecil adonan ke kuah kaldu yang mendidih.
  5. Bentuk bakso dengan dua buah sendok hingga bentuknya membulat cantik dan permukaannya mulus. Masukkan bakso ke dalam kuah panas. Lakukan pada adonan lainnya hingga semua adonan habis. Tunggu sejenak hingga semua bakso mengapung di permukaan kuah. Aduk sesekali, kemudian panaskan panci berisi kuah dan bakso dengan api sedang hingga kuah mendidih dan bakso matang.
  6. Angkat bakso
Demikianlah tadi Resep Membuat Bakso Sehat Spesial yang bisa kami bagikan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi Blog Caffe Coffee untuk mendapatkan update resep masakan ala kafe terbaru lainnya dan Selamat mencoba.
Resep Membuat Bakso Sehat Spesial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Cacah Firmansyah